Sabtu, 09 Februari 2013

Globalisasi






1.       Globalisasi adalah proses mendunianya sesuatu dalam segala bidang. Contohnya politik, sosial, budaya, dll. Dan mendunianya sesuatu tersebut membuat ketergantungan dalam suatu bangsa atau Negara dengan Negara lain.
2.        
No.
Ciri-Ciri Era Globalisasi
1.

Adanya transparansi atau keterbukaan di berbagai bidang kehidupan.


2.

Perkembangan teknologi yang pesat.

3.
Berbagai peristiwa di suatu daerah atau Negara mudah diakses di daerah atau Negara lain.

4.
Arus informasi dan komunikasi yang lancar seakan tanpa batas atau sekat.

5.
Perubahan dalam konsep ruang dan waktu yang diakibatkan oleh perkembangan telepon genggam, televisi satelit, dan internet.

6.
Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung satu negara dengan negara lain.

7.
Peningkatan interaksi budaya antar negara melalui media massa.

8.
Munculnya masalah global yang menuntut dunia mengatasi masalah tersebut secara bersama.



3.    

Sabtu, 02 Februari 2013



Contoh Proposal [bagian]


DAFTAR ISI


·        Latar Belakang ………………………………………………………….
·        Tujuan Pengembangan Proyek ………………………………………….
·        Bauran Pemasaran ………………………………………………………
·        Study Kelayakan Proyek ………………………………………………..
·        Usulan Proyek / Proposal Usaha Kue ………………………………...
·        Profile Usaha …………………………………………………………………
·                Rangkuman Eksekutif ………………………………………………………..
·        Aspek SDM ……………………………………………………………..
·        Analisis Industri ………………………………………………………………
·        Deskripsi Usaha …………………………………………………………
·        Konsep Produk …………………………………………………………..
·        Pengujian Produk ………………………………………………………...
·         Persiapan Produksi ……………………………………………………………………
·        Rencana Pemasaran ………………………………………………………
·                Studi Kelayakan dan Risiko ……………………………………………………
·        Penutup …………………………………………………………………..
 
        I.            Latar Belakang

Setiap orang pasti ingin menjadi sukses di bisnis atau usaha-nya sendiri. Hanya orang-orang yang berpikiran sempitlah yang seumur hidup ingin menjadi orang yang mengandalkan uang gaji. Banyak sekali jalan menuju kesuksesan, salah satu diantaranya dengan membuat sebuah cikal- bakal bisnis yang diharapkan mampu mengembangkan daya kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa. Hanya orang bernyali besarlah yang mampu menggelontorkan sejumlah dana demi sebuah harapan yang belum pasti. Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut. Peluang usaha di depan mata, tidak ada salahnya kalau kita memulai sekarang. Dalam persaingan yang semakin mengglobal disegala bidang, menuntut manusia untuk memiliki kemampuan bersaing. Selain dibutuhkan pemikiran yang solutif dan ide-ide yang inovatif, makanan sebagai kebuhan pokok manusia merupakan salah satu kunci penting yang harus diperhatikan dan disediakan bagi setiap manusia, teruma masyarakat yang seiring bertambahnya waktu akan semakin sibuk. Inilah yang melatarbelakangi kami dalam berwirausaha di bidang kuliner yaitu menyediakan masyarakat akan jajanan berbagai macam roti kue dan minuman segar, dengan pengelolaan manajemen dan pemasaran yang profesional. Kami meyakini bahwa usaha ini merupakan suatu bisnis di bidang Kuliner yang menyediakan atau menjual makanan dari para home industri asli Indonesia yangkemampuannya tidak diragukan lagi, kami membuat makanan dengan tampilan yanglebih menarik, eksklusif, dan cita rasa yang lebih nikmat.

      II.            Tujuan Pengembangan Proyek

Tujuan dari proposal ini tidak lain adalah untuk meningkatkan pendapatan, membantu mengatasi masalah pengangguran, memuaskan pihak konsumen, mendidik dan memberi pengalaman pada para pegawai dalam keterampilan berdagang dan membuat kue yang berkualitas, menciptakan usaha yang sehat,
menciptakan wadah kerjasama dan organisasi yang berlandaskan niaga serta menyediakan makanan yang lebih menarik,eksklusif, mengikuti tren kuliner masyarakat modern dan menciptakan nilai tambah pada makanan yang kami jual. Sehingga kami dapat melakukan perluasan jaringan, mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar serta pencapaian tujuan bisnis dengan skala yang lebih tinngi.Memberikan warna baru dalam dunia kuliner di Indonesia bagi masyarakat umumnya dengan harga yang kompetitif dan terjangkau.



   III.            Bauran Pemasaran
                     I.            Harga Makanan :
1. Kue Sweety                  : 3000                                                                              2.   Kue Jagung Bakar         : 3000
3.   Kue Balado                 : 3000
4.   Kue Sapi Panggang     : 3000
5.   Kue Choco                  : 3500
6.   Kue Pelangi                 : 3500
7.   Kue Pinky                   : 3500
8.   Kue Milky                   : 3500
9.   Kue Strawberry           : 3500
10. Kue Blueberry             : 3500
11. Kue Durian                 : 3500
12. Kue Vanilla                 : 3500
13. Kue Co-Strauw           : 4000
14. Kue Co-Blue               : 4000
15. Kue Co-Durian           : 4000
16. Kue Co-Vanilla           : 4000
17. Kue Co-Keju               : 4000
18. Kue Co-Kismis           : 4000
19. Kue Co-Kacang          : 4000
20. Kue Co-Chip               : 4000

                  II.            Harga Minuman
            1.    Teh Manis                  : Rp 2.500
            2.    Jeruk                          : Rp 5.000
            3.    Es Buah                     : Rp 6.000
            4.    Tea                             : Rp 3.000
            5.    Teh Botol                  : Rp 3.000
            6.    Cocacola                    : Rp 3.000
            7.    Fanta                         : Rp 3.000
            8.    Juice Jeruk                 : Rp 5.000
            9.    Juice Apel                  : Rp 5.000
            10.  Juice Mangga            : Rp 5.000
            11.  Juice Alpukat                        : Rp 5.000
            12.  Juice Melon              : Rp 5.000
            13.  Juice Strawbery         : Rp 7.000
   IV.            Studi Kelayakan Proyek
Kesimpulan sementara proposal usaha kue ini bahwa kuekue yang dijual cukup laris dan masyarakat serta dari segi ekonomi layak untuk dijadikan produk yang akan dipasarkan. Dengan mengambil asumsi dapat menjual perhari adalah rata rata 100 buah, maka omsetyang diharapkan adalah Rp 450.000,-/hari. Keuntungan yang akan diperoleh per produk dimana faktor biaya dihitung sebagai berikut
  • Tepung terigu              : Rp. 10.000 /kg2
  • Mentega                      : Rp. 5.000 /bks3
  • Telur                            : Rp. 1.000 /buah x 10 = Rp. 10.000
  • Gula pasir                    : Rp. 6.000 /1/2kg
  • Harga susu                  : Rp. 10.000 /ltr
  • Harga meses                : Rp. 15.000 /btg
  • Total Biaya                  : Rp. 56.000
Dari 1 kg bahan bisa menjadi 45 buah kue. Keuntungan bersih diperoleh dari harga jual sebesar Rp. 2.000/buah = Rp. 90.000 dikurangi total biaya sebesar Rp. 56.000 dengan demikian didapat Rp. 34.000. Dengan demikian ekspetasi return on equity yang akan diperoleh adalah sebesar 60% dihitung dari perbandingan keuntungan dan modal yang dikeluarkan.

    V.            Usulan Proyek / Proposal Usaha Kue
Dari studi kelayakan proyek yang telah dilakukan dimana ekspetasi return on equity diharapakan adalah 60% maka kiranya proposal usaha kue ini layak untuk dipertimbangkan. Faktor lain yang juga mendukung layaknya proposal usaha kue ini adalah ketersediaan bahan baku atau stoct yang cukup melimpah.

 VI.            Profile Usaha

A.     Nama dan alamat perusahaan
Nama        : Kedai Angkringan 19
Alamat      :  Butuh, Purworejo, Jawa Tengah

B.      Nama dan alamat pemilik 
Nama        : Ryzal A.A
Alamat      : Butuh, Purworejo, Jawa Tengah

 VII.                        Rangkuman Eksekutif

Dengan memanfaatkan sumber daya yang telah ada dengan jumlah yang melimpah,  dimulailah sebuah bentuk baru dari proses usaha penjualan jajanan yang dikenalkan kepada masyarakat modern. Berawal dari proses pendataan industri rumahan penghasil jajanan khas masyarakat Indonesia. Dari sini kita bisa melihat sejauh mana kemampuan asli lokal industri rumahan yang menghasilkan jajanan khas masyarakat, serta berbagai macam keanekaragamannya.Kemudian kita coba melihat dan memantau kondisi masyarakat lain yang menjadi target pemasaran kita, serta perhatikan trend minat jajanan yang sering dinikmati dan dikonsumsi masyarakat. Dalam hal ini adalah lokasi perkotaan pusat aktivitas serta objek wisata.Pada tahap ini kita sudah memiliki modal para pengrajin rumahan serta memiliki sedikit data tentang trend dari minta konsumen, kemudian dicoba penerapan trend tersebut terhadap kemampuan pengrajin. Yaitu kita lakukan pemantapan untuk tiap tiap industri rumahan yang kita nilai mampu memenuhi kebutuhan pasar, kemudian dibuatlah sebuah proses standarisasi mutu serta kontrol terhadap kualitas produksi.
 
Setelah melakukan penyuluhan terhadap pihak pengrajin dari industri rumahan, kemudianmunculkan kreatifitas kita dalam proses pemasaran, menjangkau market yang tersegmentasidengan teliti, seperti pemasaran di kota, pemasaran di daerah kunjungan objek wisata, sertamenyediakan layanan khusus bagi penyediaan snack untuk acara resepsi dan lainsebagainya. Bisnis ini direncanakan sebagai suatu sistem suply by demand, jadi selain pihak industrirumahan tersebut menjualkan jajanannya sendiri, kami juga menjualkan kembali denganmodifikasi kemasan dan perbaikan standar mutu yang di pesan khusus. Hal ini khusu untuk  jajanan yang memiliki daya taham cukup lama, dan akan dijual di outlet khusus sperti di pusat kota dan daerah wisata.


VIII.            Aspek SDM

Kriteria & jumlah job spesifikasi :
1. Pemilik sebagai penanggungjawab atas jalannya usaha.
2. Kasir sebagai pengatur keluar masuknya pembayaran.
3. Koki 1 sebagai pembuat. 
4. Koki 2 sebagai pembuat minuman.
5. Pelayan 1 bertugas melayani pelanggan.
6. Tanggung jawab anggota.

 IX.            Analisis Industri

Strength (Kekuatan)
Pada umumnya usaha kami ini memberikan suasana baru bagi dunia kuliner dengan menawarkan kuliner yang modern dan tidak tertinggal oleh jaman serta menarik. Dan kami selalu mempromosikan produk-produk kami melalui event-event tertentu. Melihat perkembangan dunia kuliner Indonesia saat ini yang dibanjiri oleh makanan-makanan dari luar (Westernisasi), demi memenuhi kepuasan pelanggan kami semakin kreatif dalam membuat produk. Untuk produk utama kuliner kami, kami membeli bahan baku dari supplier yang berkualitas tinggi. Kami menyediakan makanan-makanan yang berkualitas namun dengan harga yang lebih murah sesuai dengan kantong. Kami menyediakan produk ready stock yang siap dipasarkan dan menerima pesanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.Dalam proses produksi, kami memiliki tim kreatif design dan tim produksi yangmenangani semua pembuatan makanan. Kualitas terjamin.

Weakness (Kelemahan)
Mengidentifikasi kelemahan-kelemahan pesaing usaha yang menyediakan produk/jasa yang sejenis. Ketergantungan bahan dasar pokok dari sumber lain sehingga menghambat proses produksi. Permintaan pelanggan yang bermacam-macam, yang menuntut kami lebih kreatif dalam proses pembuatan makanan, sehingga memakan biaya produksi yang tidak kecil.

Opportunity (Peluang)
Perkembangan cita rasa makanan yang ada di Indonesia saat ini telah kehilangancita rasa makanan modern. Dunia uliner yang tidak terpatok pada tren kuliner tertentu membuat kuliner semakin berkembang. Ditambah lagi dengan adanya pecinta kuliner modern yang merupakan sasaran utama dalam bisnis Kuliner modern ini. Karena bahan dasar atau bahan baku dari kuliner ini adalah resep asli, sehinggatidak memungkinkan munculnya 2 produk yang sama dalam proses produksi. Hal inipunmenjadi daya tarik bagi masyarakat dalam pemenuhan kepuasan masyarakat untuk mendapatkan suatu produk yang unik dan terkesan eksekutif karena hanya ada 1 cita rasadalam tiap produksinya. Pangsa pasar yang masih luas & Pesaing dengan skala kecil relatif terbatas.

Threats (Ancaman)
1.      Penguasaha lain yang mengikuti dengan usaha yang sama.
2.      Perubahan kebijakan pemerintah terhadap makanan.
3.      Kurangnya karyawan.


      X.            Deskripsi Usaha

Produk yang Ditawarkan.
Sebuah makanan modern yang sesuai dengan trend masyrakat pada saat ini dan dikemas dengan kemasan yang menarik dan inovatif.

Jasa Pelayanan
Jasa Pelayan yang ada dalam bisnis ini adalah menyediakan pemesanan dengan partai besar dengan melayani acara-acara tertentu, yang dapat dipesan oleh konsumen berdasarkan kebutuhan.
 
Lokasi Usaha
Setelah melalui beberapa tahap pencarian, tempat yang memungkinkan dimulainnya usaha adalah di kawasan Galabo, Surakarta, Jawa Tengah. Daerah ini dinilai cukup strategis dan cukup sejuk serta pemandangan yang menawarkan sejuta keindahan dan juga merupakan jalur lalu lintas yang berhubungan dengan kraton surakarta, sehinggaakan mudah dijangkau oleh para wisatawan yang baru datang ke solo untuk beristirahat sejenak menyantap makanan yang di suguhkan dengan pariasi makanan atau jajanan. Dan juga strategis karena merupakan pusat kota Solo, jadi termasuk kawasan yang sangat strategis untuk mendirikan sebuah usaha.

   XI.            Konsep Produk

Untuk konsepnya sendiri bentuk kue harus bervariasi dan tampil beda dengan pesaing lain, mungkin kue akan diberi topik yang menarik seperti berbentuk smiley agar lebih menarik perhatian pembeli.


XII.            Pengujian Produk
Setelah kita mampu membuat produk kue kue maka produk ini perlu di uji coba ke para calon pelanggan untuk mengetahui kekurangannya. Uji coba ini meliputi taste atau rasa, serta yang tidak kalah penting adalah higienesnya. Dengan demikian kita dapat mengukur kira kira produk kue seperti apa yang mereka inginkan.
XIII.            Persiapan Produksi
Setelah kita mengetahui keinginan konsumen-konsumen seperti apa, maka tahap selanjutnya adalah persiapan produksi. Persiapan produksi akan meliputi beberapa aspek, yang paling utama adalah persiapan sumber daya manusia, bahan baku utama, bahan baku tambahan, alat pengolah, tempat produksi, serta yang tak kalah penting adalah sumber  pendanaan. Mengingat jumlah dana yang diperlukan tidak terlalu besar maka sebaiknya sumber pendanaan akan lebih baik dari pribadi, modal yang diperlukan dengan perkiraan omset per hari adalah Rp.500.000 adalah modal sekitar Rp.1.100.000.
XIV.            Rencana Pemasaran

Penentapan harga survey harga terhadap masyarakaat sekitar yang memiliki return value yang sangat tinggi, sehingga kita dapat menetapkan harga yang pas berdasar lingkungan sekitar dan penerimaaan konsumen terhadap produk tersebut.

Rencana / Pelaksanaan Distribusi.
Di distribusikan ditempat  tempat wisata seperti di Galabo, Kratonmangkunegaran, karena tempat tersebut merupakan sebuah tempat yang strategi yang terletak di pusat kota. jadi disamping mudah untuk memasarkan produk tempat tersebut memang sudah terkenal akan makanan khas di tempat itu sendiri.

Promosi yang Akan Dilakukan.
Melalui media masa, publikasi secara online, dan penyebaran sampel, melalui media masa seperti koran dan televisi, publikasi online seperti penawaran produk di sebuah jejaring sosial sehingga dapat diketahui banyak orang, lalu penyebaran sampel dengan mengadakan sebuah event-event spesial sehingga dapat menarik konsumen agar mencoba produk ini dan memberitahukan produk ini memang unik.

Pengembangan Produk.
Tentunya dalam produk ini memiliki nilai plus dari produk - produk yang ada seperti variasi pengemasan yang unik dan variasi perpaduan rasa.itu dapat menambah nilai plus dari produk , karena konsumen akan mengingat rasa yang unik yang hanya diproduksi oleh bisnis ini.
XV.            Studi Kelayakan dan Risiko

Tinjauan Aspek Ekonomi.
Di aspek ekonomi dalam pemasarannya memang banyak bisnis yang memperjualkandaggangan makanan modern tapi bisnis ini kita memiliki kreatifitas agar bisnis ini unik dibandingkan dengan yang lain jadi dapat menguntungkan karena kita memiliki nilai plus agar konsumen tertarik. 

Tinjauan Aspek Pasar. 
Dalam aspek pemasaran menguntungkan dengan lokasi yang berada di Galabo, disamping pusat kota dan jajanan Surakarta kita juga dekat dengan tempat pariwisata, jadi sangat menguntungkan.

 
XVI.            Penutup

Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia.

Terimakasih bahwa dalam melakukan usaha dituntut untuk serius dan fokus, kita tidak bisa dalam memulai bisnis itu secara setengah tengah dan dikerjakan sambil lalu meskipun usaha tersebut berupa usaha sampingan. Kegagalan berusaha sebenarnya bukandisebabkan oleh orang lain namun berasal dari diri kita sendiri,dengan demikian ketekunan dalam menjalankannya adalah suatu keharusan. Perhitungan perhitungan yang matang selayaknya dilakukan di awal awal memulai usaha karena sekali kita salah dalam perhitungan diawal maka yang terjadi adalah efek Berantai dimana kita akan terus menerus mengalami kesalahan, sementara modal lama kelamaam tersedot habis. Sudah sewajarnya apabila kita ingin memulai usaha belajar kepada mereka yang lebih sukses agar kita dapat memilah mana yang pas dan mana yang kurang. Dengan demikian kita akan terhindar dari resiko yang lebih besar.